Senin, 14 Desember 2015

bahasa daerah


Kali ini saya akan membahas tentang bahasa daerah dari propinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang kaya akan keragamana budaya, dan adat istiadat yang diwariskan sejak dahulu kala, secara turun-temurun. Kekayaan daerah masing-masing tidak hanya sebatas pada panorama alam, kain tenun, makanan, rumah adat, dan upacara adat. Namun lebih dari itu Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan bahasa daerah, khususnya sapaan atau panggilan khas untuk pria atau wanita di masing-masing daerah.

Nah disini saya tidak membahas tentang semua jenis bahasa daerah dari setiap daerah di NTT, namun di sini saya ingin mengenalkan sedikit tentang panggilan khas di beberapa daerah NTT yang menjadi salah satu kebanggaan dan ciri khas dari bebrapa daerah di NTT.


1.   Daerah Kupang = (Nyong-Nona)
2.   Rote = (To’o – Ti’i)
3.   Atambua/kab.malaka = (Bou - Bete)
4.   So’e, Kab.TTS = (Na’o - feto)
5.   Kefa, Kab.TTU  = (Na’o – Feto)
6.   Sumba Barat = (Ama-Ina)
7.   Sumba Barat Daya = (Ama-Ina)
8.   Sumba Timur = (Umbu-Rambu)
9.   Larantuka = (Ama – Oa)
10.  Maumere = (Mo’an – Du’a)
11.Ende = (Ine – Ema)
12.                Bajawa = (Ema – Uge)
13.Manggarai = (Nana – Enu)




Ini merupakan beberapa bahasa daerah sapaan, untuk memanggil pria atau wanita di NTT. Bahasa Daerah  di Nusa Tenggra Timur sangatlah banyak. Bahasa Daerah adalah salah satu identitas daerah yang patut kita banggakan sebagai salah satu ciri khas budaya yang harus terus dilestarikan. Sapaan-sapaan khas dari setiap daerah ini menjadikan kita lebih mudah untuk saling mengenal.

Misalnya, saat kita mendengar orang menyapa dengan sapaan “Enu”, dalam benak kita pun langsung terpikirkan “Ohh, itu orang manggarai”. Atau ada juga yang menyapa “Rambu”, Ohh itu orang sumba timur. Keanekaragaman ini secara tidak langsung menjadikan kita kaya akan pengetahuan budaya. Berawal dari sapaan Khas daerah masing-masing bisa mengantarkan kita pada topik-topik pembicaraan mengenai daerah tersebut. Entah sebuah perkenalan singkat, ataupun berlanjut dalam topik kedaerahan.

Nah demikianlah sebuah ulasan singkat mengenai bahasa daerah dari propinsi Nusa Tenggara Timur. Walaupun NTT merupakan salah satu pulau yang kecil, namun keanekaragamannya muncul karena ada banyak sekali pulau – pulau kecil di sekitarnya yang mebuat Nusa Tenggara Timur memiliki banyak sekali keanekaragaman Bahasa Daerah yang sangat bagus. Semoga dengan penjelasan yang singkat  ini mampu membuat anda semakin ingin mengenal setiap daerah di NTT.


salam...........................


dikutip dari kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar