Rabu, 16 Desember 2015

tempat wisata di ntt

Kali ini saya akan membahas tentang destinasi di Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur adalah salah satu pulau kecil di indonesia yang memiliki banyak sekali keanekaragaman kebudayaanyang sangat unik yang perlu anda ketahui. Bayangkan saja sekeci itu saja propinsi NTT atau yang sering orang menyebutnya pulau timor, tetapi masih memiliki beberapa pulau kecil lagi disekitarnya bahkan ada juga beberapa pulau besar di sekitaran perairan pulau timor di antaranya adalah  Pulau Flores, Pulau Sumba,Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Kumpulan beberapa pulau ini yang terbentuk menjadi satu propinsi kecil yaitu, propinsi Nusa Tenggara Timur. Walaupun NTT adalah pulau kecil atau propinsi kecil namun yang membuat NTT itu menjadi unik adalah keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat dan bahasa daerahnya. Nah kali saya akan membantu anda dengan memberikan beberapa bahan referensi  tentang destinasi tempat-tempat terindah di NTT, yang perlu anda ketahui. Jika sewaktu-waktu anda berkunjung ke NTT.
1. Pantai Lasiana di kota kupang, NTT
Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di kota Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hamparan batu karang yang sangat indah yang ada di tepi pantai.Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Lasiana merupakan pantai terindah di kota kupang, orang-orang di kupang beranggapan bahwa Pantai Lasiana adalah Brazilnya Indonesia.mPantai Lasiana sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu luang bersama keluarga.
2. Pulau Rinca, (Taman Nasional Komodo) di flores, NTT
Salah satu tempat wisata di flores adalah Pulau Rinca, atau yang sering di sebut Pulau Kamodo atau taman kamodo yang terletak di kepulauan NTT, khususnya di Flores. pulau ini menyediakan harta warisan negara yang tak ternilai harganya yaitu komodo. 
Untuk pergi ke Pulau Rinca atau Taman Kamodo, anda dapat berangkat melalui Labuan Bajo dengan menggunakan transportasi perahu. Pulau ini memang sangat berbeda, para wisatawan dianjurkan membawa minuman sebanyak – banyaknya serta topi atau payung, karena di pulau ini memang sangat panas dan sangat gersang. suhunya memang cukup panas sehingga binatang langka komodo ini sampai saat ini masih hidup karena sesuai dengan habitat yang disenanginya.
3.  Tempat Wisata Labuan Bajo di flores, NTT
Kurang lengkap bila anda berkunjung di flores, tidak mengunjungi Labuan Bajo, tempat  wisata ini  merupakan gerbang masuk untuk ke Taman Nasional Komodo di pulau Rinca. Jadi jika ingin ke pulau rinca atau pulau kamodo anda bisa mampir sebentar untuk melihat keindahan Labuan Bajo. Dan sempatkan diri anda untuk datang ke perairan laut Labuan Bajo untuk menikmati, warna laut yang begitu indah yang berwarna biru muda serta keindahan sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang.
4. Pink Beach (Pantai Ping) di flores, NTT
Pink Beach merupakan tempat wisata yang sangat indah, yang  dikelilingi oleh hamparan pasir yang berwarna merah muda. Maka itu orang lebih mengenal pantai tersebut dengan nama pantai ping atau Pink Beach. Warna pink pada pasir ini terjadi karena serpihan cangkang, foraminefera Amuba mikroskopis menjadi satu sehingga menyebabkan warna merah pada pesisir pantai tersebut. 
Sehingga orang mengenalnya dengan pantai pink. Tempat wisata ini dapat ditempuh sekitar 60  menit dari Labuan Bajo.
5.  Danau Kelimutu Flores, NTT
Danau Kelimutu adalah salah satu destinasi paling terkenal jauh sebelum tempat wisata lain muncul. Danau kelimutu merupakan danau kawah di puncak gunung kelimutu, NTT. Danau ini memiliki 3 warna yang indah pada umumnya yaitu merah, hijau dan biru langit, namun setiap tahun danau ini pasti berubah warna airnya yang semula merah menjadi hijau tua, hijau menjadi hijau muda dan biru menjadi warna hitam.
Menurut legenda Danau Kelimutu ini merupakan simbol tempat berkumpulnya jiwa jiwa orang yang sudah meninggal. jika Danau berubah menjadi warna merah menandakan selama hidup orang tersebut memiliki sifat sangat  jahat, sedangkan biru yang dalam bahasa flores ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’ artinya orang tersebut meninggal usia muda, dan warna danau putih menandakan orang tersebut meninggal usia tua. Untuk menikmati keindahan danau tersebut, para wisatawan harus berjalan untuk mendaki 2600 anak tangga, baru bisa mencapai puncak danau tersebut.
6. Pulau Kanawa Flores, NTT
Pulau kanawa merupakan pulau dengan mutiara cantik di tengah lautan flores, maka tak heran pulau ini menjadi salah satu pulau favorit bagi wisatawan. Baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Air di pulau kanawa  ini sangat jernih, hingga membuat para wisatawan pun rela untuk menginap lebih lama di tempat ini hanya untuk menikmati keindahan lautan dipulau kanawa ini.
Tempat wisata inibisa dikunjungi melewati Labuan Bajo yang berjarak sekitar 10 KM, untuk menempuh jarak ke pulau kanawa ini memang sangat mahal yaitu Rp 250.000 untuk sekali jalan dalam waktu 1 Jam. Pulau ini biasa digunakan oleh para wisatawan untuk  diving, snorkeling, shuttle boat, dan berjemur. 

7. pulau kera di kota kupang
Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Anda harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.
Di  Pulau Kera terdapat pasir putih dengan campuran merah karang yang terpadu warna air laut yang biru sedikit kehijauan dan keungunan.
8. Pulau Semau
Pulau Semau memiliki pantai yang berpasir putih dan suasana yang cukup mistis. Di Pulau Semau terdapat mata air yang berbentuk kolam dan dikelilingi oleh pepohonan. Anda bisa mandi atau sekedar berendam di kolam mata air ini untuk merasakan kesegaran airnya.
9. Pantai Kolbano di kab.TTS, NTT
Pantai Kolbano adalah salah satu pantai terkenal disalah satu kabupaten di NTT, yaitu kabupaten Timor Tengah Selatan, (TTS). Pantai ini sangat indah dan dipenuhi bebatuan yang sangat indah. Yang paling menarik dari pantai ini adalah tidak ada pasir  yang terhampar di pantai ini. Hanya ada bebatuan yang berwarna warni di sepanjang tepi pantai ini. 
Untuk menuju lokasi pantai, anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 4 jam dari Kupang. Lalu melewati beberapa desa kecil lagi dan anda akan sampai pada pantai tersebut.
10. Air Terjun Oenesu di kupang, NTT
Di kupang selain beberapa tempat wisata yang tadi, ada lagi satu tempat wisata yang sederhana sekali namun memiliki nilai indah yang sangat mahal. Tempat wisata tersebut yaitu Air Terjun Oenesu. Selain itu di tempat tersebut anda juga bisa menikmati tempat wisata lain di tempat tersebut yaitu sebuah batu yang sangat cantik dan sangat unik karena ada sebuah batu yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun tersebut sangat sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.
11. Air Terjun Oehala, di TTS
Air Terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti tempat tidur bertingkat. Dalam bahasa daerah masyrakat TTS, tempat tidur artinya ‘hala’, maka itu warga setempat menamakan air terjun tersebut dengan nama Air Terjun Oehala. Di sekitar air terjun tersebut, banyak sekali pepohonan  yang menambah keindahan tempat tersebut, dan menimbulkan suasana yang sejuk. Air  terjun ini sangat segar dan jernih.
Ini lah beberapa  tempat wisata atau destinasi yang cukup terkenal di wilayah Nusa Tenggara Timur. Semoga apa yang saya sajikan ini mampu membuat anda semakin penasaran dan ingin sekali untuk mengunjungi tempat - tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar