Jumat, 18 Desember 2015

kain tenun daerah ntt

Keakaragaman  budaya di Nusa Tenggara Timur sangatlah banyak. Mulai dari makanan, minuman, suku, budaya, bahasa daerah, dan masih banyak lagi.
Nah kali ini saya akan membahas tentang motif daerah atau Kain Tenun yang ada di Nusa Tenggar Timur. Di setiap daerah di Nusa Tenggara Timur, memiliki motif daerah yang berbeda-beda. Itulah yang membuat daerah NTT sangat unik.

Motif daerah atau Kain Tenun adalah kain yang di buat dari proses menenun, oleh masyarakat NTT.   Jika di masyarakat Jawa terdapat kain batik maka di masyarakat lainnya khususnya masyarakat  daerah Nusa Tenggara Timur terdapat Kain Kenun. Walaupun NTT berada dibawah kepemerintahan yang sama, namun tidak semua kebudayaannya sama. Nah karena setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri-sendiri, maka mereka menuangkan perbedaan tersebut pada kain tenun mereka. Itu yang membuat kenapa setiap suku di NTT memiliki Kain Tenun  yang berbeda.

Tiap wilayah dan suku masing-masing mempunyai keunikan yang khusus dibanding dengan daerah daerah lain, maka itu mereka pun membuat tenunan yang berbeda pula. contohnya seperti menampilkan legenda, mitos dan hewan masing-masing daerah. Ada juga yang bertujuan untuk menggambarkan penghayatan akan karya Tuhan yang besar.


Secara teknik dan desain, ada 3 sebutan untuk Kain Tenun di Nusa Tenggara Timur. Tenun Buna Ikat, Tenun Buna dan Tenun Sotis. Cri khasnya benar2 jelas dengan motif konteporer.

1.   Tenun  Ikat yaitu, motif dari kain tersebut di ciptakan dari pengikatan benang, Pada daerah lain yang diikat ialah benang pakan. Maka pada kain tenun di NTT dibuat dengan cara kain lungsi yang diikatkan. Dan tersebar di seluruh wilayah NTT kecuali, kab. Manggarai dan kab. Ngada.

2.   Tenun Buna yaitu, Kain Tenun berasal dari  sebuah kabupatrn di NTT, yaitu kabupaten Timor Tengah Utara, yaitu menenun dengan cara menggunakan benang yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke pewarna. Kain tersebut tersebar di daratan timor antara lain, kab. TTS, Kab. TTU, dan kab. Malaka (Belu). Namun yang paling banyak adalah di daerah kab. TTU.

3.   Tenun Sotis atau Songket yaitu kain tenun yang proses pembuatannya mirip dengan proses pembuatan tenun Buna. Karena tenunan ini dalah bentuk tenunan yang paling umum, maka itu tenunan tersebut  tersebar hampir di semua wilayah NTT.




Ini adalah beberapa contoh Kain Tenun dari beberapa daerah di NTT.






Ini adalah beberapa contoh kain tenun dari sekian banyak motif daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfat untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar